CBR 150R: Bunyi "Klotok-klotok" Di Roda Belakang? Check Bagian Ini

Baru-baru ini sedikit jengkel dengan keadaan motor yang mana pada saat dibawa pelan seperti bunyi "klotok-klotok" terdengar dari bagian as roda, sprocket gear dan rantai di bagian belakang. 2 kali masuk service AHASS tidak menyelesaikan masalah ini. Sampai sempat ganti sprocket gear depan belakang plus rantai. Lalu sebenarnya bagian apa sajakah yang mesti diperhatikan jika sudah mulai merasakan keanehan pada roda belakang?

1. Bearing / Laher
Bearing atau laher merupakan bagian yang sangat penting pada kaki-kaki sepeda motor. Pada bagian roda-belakang motor yang menggunakan sprocket dan nap gear biasanya menggunakan 3 buah laher yang mana 2 buah (sepasang) bearig 6302 untuk roda dan 1 buah bearing 6004 untuk nap gear. Jika sudah terdengar bunyi "klotok-klotok" tersebut ada baiknya ada memeriksakan bagian ini terlebih dahulu. Untuk memeriksa bearing nap gear bisa anda check dengan menekan rantai seperti halnya kita memeriksa kekencangan rantai namun sedikit lebih kuat. Jika nap gear atau sprocket gear bergerak ke arah depan bisa dipastikan laher nap gear anda sudah oblak. Untuk roda, bisa dengan menggoyangkan kiri dan kanan. Jika roda mengikuti pergerakan itu tanda laher roda juga mungkin sudah oblak.

2. Sleeve / Bosh Bearing Nap Gear
Biasanya Bosh atau sleeve ini jarang rusak. Ketika bearing nap gear sudah oblak bisa dipastikan bosh ini juga bakalan goyang di dalam. Hal ini dikarenakan bosh ini terpasang ke bagian dalam bearing 6004 yang digunakan pada nap gear.

3. Nap Gear Selain laher, dumper atau karet bantalan yang menahan nap gear ke velg roda juga mesti diperiksa. Pastikan nap gear tidak goyang karena selain menyebabkan cepat ausnya sprocket gear. Hal ini juga berperan pada keausan laher nap gear itu sendiri.

4. Sprocket dan Rantai Jika sudah mengalami keausan tentu part yang satu ini akan menghasilkan bunyi yang sangat luar biasa berisiknya. Disarankan untuk mengganti 1 set sprocket gear dan rantai jika sudah mengalami keausan.

Bisa dilihat part mana saja yang telah dijelaskan sebelumnya pada gambar berikut:

OF
CBR 150R: Bunyi "Klotok-klotok" Di Roda Belakang? Check Bagian Ini CBR 150R: Bunyi "Klotok-klotok" Di Roda Belakang? Check Bagian Ini Reviewed by Oxy Firnando on Maret 18, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar